Beauty Privilege itu nyata, bro: Kasane review

kover komik (dari kiri) volume 12, 14, dan 13


Judul: Kasane
Penulis: Daruma Matsuura
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama - M&C
Tahun Terbit: 2016 (volume 1, Indonesia)
Banyak volume: 14 (tamat)
Rating: 4/5


"Tapi sekarang dengan wajah cacat ini, kulit yang penuh jahitan ini..Bagaimana aku harus menggerakkannya? Wajahku akan terlihat seperti apa di mata penonton?"


Ini adalah ulasan komik saya pertama. Dan, kalau boleh jujur, agak deg-degan juga. Lololol.

Jadi, si KASANE ini sendiri pertama kali masuk ke Indonesia beberapa tahun lalu. Pas pertama kali lihat penampakan kovernya, saya langsung jatuh cinta! Itu juga berlaku untuk kover di volume-volume berikutnya. Gambar kovernya tuh, beuh! Cantik banget. Terus efek cat minyaknya(?) dan penggambaran yang agak-agak realistis (?) itu lho yang bikin jatuh cinta pada pandangan pertama. Sedangkan soal gambar komiknya sendiri, bagus-bagus saja. Hanya saja, saya pikir wajah beberapa karakter ada yang sama gitu. Lol.

Tapi, sebenarnya, saya tidak berekspektasi apa-apa terhadap ceritanya. Maksud saya, saya tidak tahu kalau ceritanya bakal sebagus itu, soalnya Kasane ini tema ceritanya drama-thriller dengan sedikit bumbu fantasi. Kasane sendiri bercerita tentang cewek buruk rupa yang punya cita-cita jadi aktris dan demi meraih cita-citanya itu dia mencuri wajah cewek-cewek cantik dengan menggunakan lipstick ajaib.

Ceritanya dark, oi. Sudut pandangnya yang diambil dari sisi si heroine, Kasane, menunjukkan kalau jadi jelek itu susah. Apalagi kalau jelek dan pengin jadi aktris. Terus, pas jatuh cinta rasanya sedih banget, mesti mikir “duh, gue jelek gini mana mau dia sama gue?”.

Tapi, komik ini nggak melulu diambil dari sudut pandang si Buruk Rupa. Ceritanya juga diimbangi dengan sudut pandang dari si Canti Jelita, kakaknya Kasane yang muncul out of nowhere, Nogiku.

Selain kemunculan Nogiku yang out of nowhere, masih ada beberapa plot twist di Kasane, dan justru itulah yang bikin komik ini menegangkan. Nogiku dan Kasane ini punya hubungan dan perjanjian yang cukup rumit karena kagalauan Kasane tentang hidupnya. Terutama ending-nya, sih. Lol. Saya mesti baca dua kali baru ngeh gimana akhirnya.

Saya lupa kapan Kasane masuk ke Indonesia. Kayaknya sih, sudah lewat dari dua tahun yang lalu, pas harga komik masih 20 ribuan. Jadi, bakal susah kalau mau cari volume pertamanya di toko buku. Beli online kayaknya masih ada. Yang jelas, komik ini worth to buy and read. Saya tidak menyesal nungguin komik ini dari awal sampai akhir :*

Oke, sekian dari saya dan selamat membaca!


Komentar

Postingan Populer