Kuartal Satu #2020


April 2020 sudah lewat, kuartal pertama sudah berakhir. Meski tidak ada banyak hal yang saya unggah dalam kurun waktu tersebut dan perasaan menggebu-gebu untuk menghidupkan blog ini mulai surut, saya tetap ingin menulis Kuartal Pertama tahun ini.

Awal tahun ini dibuka dengan tidak terduga. Segala rencana yang saya harapkan dan susun di akhir tahun lalu banyak yang tidak terealisasikan dan mungkin harus saya kaji ulang. Saya kira saya bisa seminar proposal (sempro) di awal tahun, nyatanya saya malah baru saja selesai sempro bulan lalu. Itu bikin saya stres sendiri dan merasa agak takut membuka WA dan story IG karena dipenuhi dengan berita tentang si A yang sudah selali sempro, si B yang bingung dengan penelitiannya, atau si C yang sibuk revisian (bahkan ada yang sudah selesai sidang skripsi). Kalau boleh jujur, saya termasuk yang terakhir sempro.

Selesai sempro, saya kira saya bisa jalan-jalan: nge-mall sebentar lalu ke McDonald untuk beli McFlurry. Tapi saya berpikir bila saya pasti akan malu sendiri kalau jalan-jalan di tengah pandemi korona ini. Alhasil, saya cuma di rumah dan tidak merayakan selesainya sempro saya dengan siapa pun kecuali dengan seorang teman.

Lainnya: saya tidak jadi jalan-jalan. Duh, saya kan anak indoor: saya butuh jalan-jalan di mall untuk melepaskan penat.

Foto terakhir yang saya ambil saat jalan-jalan
(baca: saat saya masih bisa jalan-jalan).
Diambil sekitar Februari

Saya pun yakin, dengan hampir seluruh rencana orang lain ada yang mundur atau bahkan tidak terealisasikan di awal tahun ini. Saya pribadi merasa, semangat saya di akhir tahun kemarin perlahan mulai surut dan digantikan oleh perasan takut karena rencana-rencana saya mundur.

Tahun ini penting bagi saya.

Untungnya, ini masih kuartal I. Masih ada 2 kuartal lagi sebelum akhir tahun. Sambil menulis paragraf ini, saya berusaha untuk optimis dan memikirkan bagaimana caranya mengirim pesan singkat pada dospem saya tentang revisian saya. (Ya, lupakan paragraf-paragraf sebelumnya. Saya lebih kuat daripada si korona itu.)

Begitulah, agaknya tahun awal tahun 2020 akan menjadi sesuatu yang tidak terlupakan oleh saya dan sebagian orang. Dan, berpotensi untuk dimasukkan dalam salah satu sejarah dunia…

Komentar

Postingan Populer