Yang Palsu

kover depan novel


Judul: Genuine Fraud
Penulis: E. Lockhard
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2018
Tebal Halaman: 320
Rating: 3.3/5 (Goodreads)

Sama sekali nggak nyangka kalau novel ini bakalan ada di iPusnas. Huhuhu. Sudah lama banget saya masukin novel ini di daftar bacaan saya pas pertama kali lihat si doi di toko buku. Saya kira butuh waktu bertahun-tahun biar ini novel masuk ke iPusnas.

Seperti biasa, saya kepincut dengan kovernya. Dan sejujurnya, saya sama sekali nggak menyangka kalau yang ada di kover itu cewek alias pemeran utamanya. Lol. Yah, maksud saya, yang biasanya jadi pemeran utaman cewek itu kan pasti divisualisasikan “semenarik” mungkin di kover. Tapi untuk cewek di kover GENUINE FRAUD, dia memang persis seperti yang ada di deskripsi novelnya.

Cewek yang tampak demikian di kover itu menjadi petunjuk dari isi novel ini. Genuine Fraud ini cukup aneh bagi saya. Bahkan kalau boleh jujur, saya agak bingung dengan novel ini. Mungkin karena novel ini menggunakan alur mundur dan saya baru pertama kali ini membaca novel yang alurnya benar-benar mundur. Setiap selesai membaca satu bab, bukannya saya tambah ngeh dengan isi ceritanya, yang ada saya makin bingung dan bertanya-tanya, ada apa sih?

Selain alurnya yang mundur, karakter dari si heroine dari cerita ini a.k.a cewek di kover, bikin saya makin bingung. Terlalu ada banyak kebohongan, kepalsuan, dan kehaluan di dalam diri si heroine. Dan bukan cuma cewek di kover saja, hampir semua karakter di Genuine Fraud nggak ada yang bener. Sedih nggak, tuh? :’ Tapi justru segala kebingungan terhadap alur serta ketidakberesan para karakter di novel inilah yang membentuk Genuine Fraud.

Hmmm, kalau dipikir-pikir, judul novel dengan isinya memang pas sekali...

Oke. Segini dulu. Saya tahu ulasan kali ini sama nggak beresnya dengan novel ini, tapi saya benar-benar nggak tahu mau menulis apa lagi.

Selamat membaca!

Komentar

Postingan Populer