Cinlok sama manager cool: Back To Work manhwa review

Back to Work bisa dibaca di Tapas

 Judul: Back to Work

Penulis: McQueen STUDIO

Penerbit: Tapas (terjemahan bahasa inggris)

Tahun Terbit: 2021 (terjemahan bahasa inggris)

Banyak episode:  69 (ongoing, terjemahan bahasa inggris)

Rating: 4/5

Kira-kira sudah setahun ini saya terjun ke dunia per-manhwa-an. Nggak tahu kenapa. Mungkin karena saya menganggur. Mungkin karena saya butuh bacaan yang mudah diakses. Yah, apa pun itu izinkan saya kali ini bikin ulasan ala-ala tentang manhwa berjudul BACK TO WORK karya McQueen STUDIO.

Saya kenal manhwa ini dari karya lain dari si komikus yang berjudul “Secret Relationship”. Itu manhwa dengan tema boys love yang bikin saya geregetan bacanya. Makanya kemudian saya beralih ke Back to Work ini, yang saya harap ceritanya lebih ringan dan lebih santai. Dan, untungnya saya benar. Bahkan menurut saya pribadi, manhwa ini ada sedikit unsur humornya.

Menceritakan tentang kisah kasih kantor, Back to Work memiliki kisah yang realistis banget karena kebanyakan tokohnya (menurut sepengamatan saya) berada dalam usia akhir 20-an sampai awal 30-an. Sejauh yang saya baca ada 2 pasangan utama di manhwa ini, tapi pusat ceritanya lebih condong ke kisah kasih kantor antara pegawai biasa, Jiyoon, dengan manajer yang kubikelnya persis di sebelahnya, Kang Siwoo (biasa dipanggil Manager Kang). Sementara itu ada pula teman Jiyoon di kantor, Noah, yang barusan putus dengan pacarnya dan kebetulan bertemu dengan cowok lebih muda di tempat kursus bahasa Mandarin.

Perlu diketahui bahwa Jiyoon ini awalnya agak-agak sama Manager Kang ini karena sifatnya yang “pekerja (terlalu) keras”. Tiap hari ada saja yang bikin Jiyoon diam-diam mangkel sama Manager Kang gara-gara pekerjaan. Ada juga saat-saat mereka berdua berada dalam satu proyek kerja—dan karena inilah mereka jadi lebih tahu satu sama lain, lalu perasaan itupun tumbuh~

Iya, alurnya memang sudah umum. Tapi interaksi antara Jiyoon dan Manager Kang ini yang kadang bikin ngakak karena sifat mereka yang sedikit berbeda. Selain itu, mungkin bagi para karyawan kantoran yang sedang jatuh cinta dengan teman sejawat manhwa ini bakal relate dengan kehidupan sehari-hari. Intinya, cerita ini ringan, menghibur, sekaligus memiliki pesan-pesan tentang ~percintaan~ yang sekiranya bisa dipetik.

Back to Work ini bisa dibaca di Tapas. Jan lupa nyalakan VPN kalian, yaaa. Wkwkwk.

Selamat membaca!

Komentar

Postingan Populer