so-called Catatan Mengajar
Mumpung
lagi gabut, sekalian menunggu segala proses penilaian artikel, saya mau berbagi
foto Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) alias praktek mengajar saya.
Sebagai
mahasiswa jurusan pendidikan, magangnya ya jelas praktek mengajar di sekolah.
Saya bersama dengan 19 orang lainnya (syukurnya) PLP di suatu SMA negeri di kota saya sendiri.
Saya nggak ngerti sih, bagaimana perjuangan ke-19 teman saya sampai bisa dapat
sekolah ini. Yang jelas, saya sendiri curi start
memilih sekolah itu karena ada beberapa teman saya yang curi start duluan. Hahaha.
![]() |
Foto yang saya ambil setelah sebulanan PLP di sana waktu perayaan HUT RI tahun kemarin. |
![]() |
Duh, lupa siapa namanya. Pokonya dia anak 12 IIS. Saya ambil fotonya soalnya... ngapain dia dandan kayak gitu? (lol) |
Sebagai
alumni SMK, mengajar mata pelajaran anak SMA itu terasa aneh. Saya nggak pernah
mendapat mata pelajaran ekonomi sebelumnya, jadi agak bingung juga saya harus bagaimana. Selain bingung, saya
juga takut. Tubuh saya kecil dan saya kentang, sedangkan anak SMA zaman
sekarang pada gede-gede semua dan
cantik-cakep semua. Satu orang vs satu kelas. Wah, saya nggak pernah merasakan
sebelumnya.
![]() |
Kalau tidak salah, ini kelas 11 IIS-1. Foto diambil waktu ulangan harian. |
Untungnya,
guru pamong saya mengizinkan agar kami biar masuk ke kelas berdua. Itu jugalah
yang membuat foto ini ada: yang satu mengajar, satu lagi ambil foto. Laporan
PLP kayaknya nggak minta foto dokumentasi. Tapi namanya juga mahasiswa perdana
mengajar di kelas sungguhan, ya jelas ambil foto sebanyak-banyaklah!
Mungkin
karena waktu mengajar yang masuk langsung dua mahasiswa PLP (dan sambil
foto-foto pula), kondisi kelas jadi nggak sebegitu kondusif. Pasti ada saja
murid yang asyik sendiri, keluar kelas, atau menghampiri meja guru (baca: kami)
untuk mengobrol. Saya maklumi saja. Toh, dulu waktu sekolah saya begitu.
![]() |
Dari kelasnya, ini pasti kelas 12 IIS. |
![]() |
Ini teman saya waktu menghitung sesuatu dan hasilnya beda sama anak yang di sebelahnya. |
![]() |
Pentolan anak 11 IIS-2 ini. (lol) |
![]() |
Dua anak baik hati dan tidak sombong dari 11 IIS-2. Kalau ada apa-apa, biasanya saya tanya dulu ke mereka |
Terlepas
dari rasa capek karena harus menghadapi murid-murid yang ajaib, kalau
diingat-ingat lagi, dibandingkan dengan mengajar itu sendiri, kelompok mata
pelajaran ekonomi sendiri kayaknya lebih banyak haha-hihinya…
Iya.
Saya pribadi, cukup senang dengan kegiatan PLP tahun lalu walau laporannya
bikin pusing.
Komentar
Posting Komentar