Short Recap Russian National Figure Skating 2021

 (Aku: sedang mempertimbangkan untuk menulis tentang figure skating setiap habis ada pertandingan.

Juga aku: takut kalau nggak bisa konsisten dan karena yang kutulis cuma yang kusuka aja.)

But, anyway, saya akan tetap menulis ini biar blog saya ramai soalnya selama 2020 saya kebanyakan membaca jurnal dan meratapi nasib alih-alih membaca novel dan bikin ulasan. Terus, yah, saya nggak nyangka saja di tengah pandemi begini pertandingan figure skating justru makin terasa pertandingannya—kayak sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Saya juga, sih (hehehe); akhirnya di penghujung tahun 2020 ada pertandingan! Dan, ini termasuk pertandingan yang paling saya tunggu: Russia National Figure Skating Championship 2021!

Catatan dulu: seperti yang sudah saya tulis di atas, saya cuma menulis yang saya suka alias ini tulisan suka-suka dan bukan berita. Lebih tepatnya, saya bakal bahas para ladies Rusia, terutama pemenang di pertandingan kali ini… Walau skater yang saya suka nggak ikut pertandingan.

Ada dua jagoan ladies yang (sayangnya) nggak bisa ikut dalam pertandingan ini. Evgenia Medvedeva nggak bisa ikut karena masih dalam proses penyembuhan tulang belakang. Saya sudah mengira hal ini sebelumnya, jadi nggak kecewa amat. Untungnya Evgenia tampil di gala exhibition. Huhuhu, senang banget rasanya lihat si doi skating di atas es. Terus ada Alena Kostornai yang barusan kena covid-19. Pas pertandingan sudah selesai karantina deh kayaknya, cuma masih dalam proses pemulihan, jadinya si doi nggak ikut pertandingan. Apa pun itu, dua-duanya lebih mementingkan kesehatan mereka. Nggak kayak (ehm) skater yang satunya.


Anna Shcherbakova pada Free Skating-nya


Oke, bukannya mau menjelek-jelekkan, saya cuma nggak ngerti saja dengan jalan pikirannya Anna Shcherbakova. Seperti yang sudah saya tulis di tulisan saya sebelumnya, Anna sakit dan sakitnya butuh proses penyembuhan cukup lama. Dengan semangatnya, dia memilih untuk tetap bertanding. Short program-nya (SP) bagus, tanpa celah, tanpa miss, dan berhasil membawanya pada skornya 80-something. Tapi, kalian harus nonton video SP-nya dan dengerin suara napasnya. Mungkin, definisi dari “bengek” bisa dilihat dari video itu. Dan, karenanya, di Twitter saya menemukan banyak netizen yang minta supaya Anna mundur dari Free Skating (FS). Yah, sudah bisa ditebak, Anna tetap maju ke pertandingan berikutnyalah~ Mengikuti keberhasilannya di SP, FS Anna berjalan baik. Quad-jump yang cantik, koreografi yang bagus, dan program tanpa celah walau sedang dalam keadaan sakit. Hasilnya, Anna Scherbakova menjadi juara pertama dalam pertandingan nasional ini…

Dengan sedikit mendapat ceramah dari netizen (yang juga ditujukan pada pelatihnya).

Yap, Anna Shcherbakova nggak terkalahkan walau dalam keadaan sakit. Alexandra Trusova (Sasha)—yang dulunya satu pelatih dengan Anna—pun mendapat posisi ketiga di pertandingan nasional ini walau dengan SP maupun FS yang berjalan sempurna. Walau bukan fans beratnya Sasha, saya sebenarnya agak kaget doi berakhir di juara ketiga. Maksud saya, programnya benar-benar berjalan baik-baik saja. Apa karena di SP dia cuma dapat skor (sekitar) 75-an? (Ehm, ini nih yang sebenarnya dipermasalahkan. Like, HOW? Menurut saya pribadi, SP-nya Sasha hampir sama dengan SP-nya Anna. Tapi perbedaan skornya jauh banget). Atau karena di FS Sasha nggak banyak memakai quad jump? Hmmm, padahal di FS si doi berhasil mendaratkan kombinasi 4-lutz (rippon) + 3-toeloop, lho~ But, still, it’s amazing for her to win with only two quad jump.

Sementara itu di posisi kedua, tak lain dan tak bukan dimenangkan oleh Kamila Valieva. Saya cuma nonton SP-nya doang karena nggak suka dengan program FS-nya (maaf banget, Sayang). Kamila, tanpa saya duga, melompatkan 3-axel (rippon) di SP-nya. Nggak mendarat sempurna, tapi tetap bikin saya kaget sampai harus bikin saya ulang video-nya pas live streaming. FS-nya… no comment. Pokoknya, saya nggak suka saja sama programnya, makanya Kamila malah saya bahas terakhir. (Ini bukan berarti saya benci sama Kamila lho, ya)


Kamila Valieva pada Short Program-nya


Begitulah ringkasan ala kadarnya tentang Russia National Figure Skating Championship 2021 yang diadakan akhir 2020 lalu itu (lololol). Katanya sih, pertandingan ini bukan kualifikasi buat maju Figure Skating World Championship 2021. Masih mau ada pertandingan lagi di Rusia untuk bulan Februari 2021 nanti (kalau saya nggak salah ingat). Apa pun itu, sebagai penggemarnya Zhenya, AKU PENGIN LIHAT DIA BERTANDING. Huhuhu, saya tahu itu egois, tapi saya beneran sudah menunggu-nunggu Evgenia Medvedeva ikut bertanding. Semoga si doi cepat sembuh.

Semoga semua skater yang lagi juga cepat sembuh, jadi bisa bertanding lagi.

Semoga keadaan segera membaik, jadi bisa mengadakan pertandingan <3

 

Komentar

Postingan Populer