Men's Figure Skating Winter Olympic 2022

Di antara pertandingan figure skating Beijing Winter Olympic 2022 kali ini, para cowok berkesempatan untuk bertanding lebih dulu, cuma selang beberapa hari setelah team event.  Lebih tepatnya, men’s figure skating diadakan pada 8 Februari 2022 untuk short program (SP) dan 10 Februari 2022 untuk free skating (FS). Dan, ya, kalau saya menulis ini, tentu saja ada banyak yang terjadi.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, sebelum pertandingan benar-benar dimulai saja sudah terjadi “kehebohan”. Vincent Zhou (USA) fix nggak ikut dipertandingan mana pun. Tapi untungnya, dia (akan )tampil di Gala. Sementara itu, untuk keseluruhan pertandingan hari pertama alias di SP, bisa dibilang berjalan lancar.

SHORT PROGRAM

Yang paling menarik perhatian saya di SP adalah penampilan Donovan Carrillo (MEX) yang konon katanya adalah figure skater pertama dari negaranya yang bertanding di olimpiade setelah bertahun-tahun. Dengan mengandalkan latihan di ice arena mall, Carrillo berhasil terkualifikasi untuk maju ke FS. Kevin Aymoz (FRA) yang kemarin-kemarin sempat bermasalah dalam pertandingannya juga tampil tak kalah memukau dan berhasil mendapat score di angka 90-an. Begitu pula dengan Mark Kondratiuk (ROC), SP-nya sama memukaunya dengan SP yang ditampilkannya pada team event. Lalu meski tanpa quad jump, Deniss Vasiljevs (LAT) berhasil terkualifikasi di FS dengan skor di angkat 80-an. Huray untuk SP mereka!

Figure skater yang saya tunggu-tunggu pun (untungnya) juga lancar jaya di SP mereka. Junhwan Cha (KOR) tampil tanpa ada masalah dan berhasil mendapat skor di angka 90-an. Junhwan bahkan berhasil menempati posisi ke-4i SP! Penampilannya kemudian disusul oleh Shoma Uno (JPN), yang berhasil melakukan 4 toeloop + 3 toeloop sama bagusnya dengan penampilannya di team event. Anjay, saya deg-degan parah nungguin Uno ini. Si doi berhasil mendapat skor di angka 100-an dan peringkat 3 di SP!

Daaaan, figure skater si two times Olympic gold medal, the GOAT, Yuzuru Hanyu (JPN), membuat sedikit kegemparan dalam SP-nya. Jujur saja, saya bukan fanyu dan sudah berpikiran kalau Hanyu bakalan lancar-lancar saja, ternyata dia jatuh di lompatan pertamanya! Beuh, gemparlah jagad figure skating saat si doi ada di posisi 8 SP dengan skor di angka 90-an. Well, saya juga syok.

Akhirnya, di posisi 2 ada Yuma Kagiyama (JPN) dan posisi satu dipegang Nathan Chen (USA) yang keduanya sama-sama mendapat skor di angka 100-an.


Men's Figure Skating Winter Olympic 2022 Winner


FREE SKATING

Nah, well, sedangkan untuk FS-nya… apa saya boleh mengatakan disaster? Hmm, sebenarnya nggak seburuk itu, hanya saja kebanyakan figure skater yang saya tunggu-tunggu pasti ada saja jatuhnya.

Sebut saja Vasiljevs (LAT) yang gagal melakukan 4 salchow perdananya di olimpiade, padahal European Championship 2021beberapa minggu sebelum Beijing Winter Olympic 2022 dia berhasil melakukannya. Meski begitu, secara keseluruhan dan selanjutnya, penampilan Vasiljevs berjalan baik. Vasiljevs akhirnya menduduki peringkat ke-13 di oilmpiade kali ini.

Yang bikin saya menahan teriakan dan napas berkali-kali sih, Mark Kondratiuk (ROC). Haduh, dek, saya tak tahu apa yang terjadi padamu, tapi penampilannya cukup kacau walau nggak seburuk itu juga. Ada jatuh dan banyak setp out. Pada akhirnya, dedek Rusia satu ini menempati peringkat ke-15.

Junhwan Cha (KOR) juga! Hshshs. Di lompatan pertama dia jatuh cukup keras. Kelihatannya sakit, tapi untungnya kemudian Junhwan skating kayak nggak ada sesuatu yang baru saja terjadi. Yang bikin saya terharu (dan) bangga, Junhwan nangkring di peringkat 5 winter olympic kali ini! AAAAA!

Hanyu (JPN) pun, buset… Penampilan FS-nya bikin deg-degan sedunia. Selain karena 4 axel-nya yang sudah dinantikan banyak orang gagal mendarat dengan baik, di lompatan kedua pun Hanyu juga terjatuh. Rasanya saya pengin mematikan laptop saja waktu itu. Nggak tega juga. Mana Hanyu pada akhirnya dapat peringkat ke-4 di olimpiade kali ini. Sedunia syok. Isi timeline Twitter saya ramai dengan Hanyu alih-alih para skater pemenang.

Dan untuk para peraih medali, jeng jeng jeng! Berturut-turut dari peringkat 3 ada Shoma Uno (JPN) yang FS-nya sama seperti yang lain. Wkwkwk. Nggak, nggak. Malahan, harus saya akui kalau Uno cukup banyak bikin kesalahan, ada jatuhnya pula. Momen yang saya ingat adalah waktu pelatihnya langsung menyambut dengan, “Are you okay?” Well, I AM NOT. Terlepas dari itu, akhirnya Uno mendapat medali perunggu di olimpiade keduanya kali ini.

Disusul kemudian oleh Yuma Kagiyama (JPN) yang (juga masih sama) membuat kesalahan walau nggak sampai jatuh. Penampilan pertamanya di winter olympic ini sukses menarik perhatian. Nice 4 loop, ditambah dengan peraihan medali peraknya tentu saja membuat semua orang terpana. Mana di kiss & cry dia terlihat senang banget sama pelatih yang mana adalah ayahnya sendiri. Well done, Kagiyama!

Dan juara untuk Beijing Winter Olympic 2022 kali ini adalah Nathan Chen (USA)! Selamat untuk Chen!

Komentar

Postingan Populer