Galeri Foto KKN #1


Catatan berikut lebih berisikan beberapa foto yang saya ambil saat KKN berlangsung ketimbang kata-kata. Sebagian besar foto-foto yang ada di catatan kali ini pun berupa pemandangan—karena untuk foto teman sekelompok KKN akan saya buatkan catatan tersendiri.


Foto pertama yang saya ambil.

Matahari terbit pertama yang saya foto.
Kedua foto di atas (secara berurutan) merupakan foto yang saya ambil di hari H+1 dan H+2 KKN. Foto pertama saya ambil karena mengingat tugas saya sebagai sie dokumentasi dan karena kopi yang disajikan (kalau saya tidak salah ingat) merupakan kopi dari kebun sendiri. Foto pertama tersebut diambil hanya selang beberap jam kelompok KKN saya dan teman-teman (kami) sampai, tepatnya di Balai Desa Sumberrejo, Pasuruan.

Foto kedua merupakan foto yang saya ambil saat jalan-jalan pagi. Saya masih mengingat bagaimana medan jalan yang harus kami tempuh: berlubang dan cukup curam. Jalan-jalan pagi itu merupakan jalan-jalan pagi paling jauh dan memiliki pemdangan paling bagus yang pernah saya tempuh.

Mencuci baju tanpa sabun.

Dari atas.

Tanpa pengaman.
Foto-foto di atas saya ambil di Jempinang River Tubing. Saya tidak ikut rafting karena malas mencuci baju (lol). Jadi saya pun menjadi tempat penitipan barang dadakan. Sambil menjaga barang-barang titipan, saya mengambil foto apa pun itu dan menikmati suasana yang ada. Ini terdengar lebay, tapi saya cukup merasa haru saat itu. Pemandangan di sana hanya ada sawah, hutan, dan sungai saja soalnya--mana pernah saya melihat yang begituan di kota saya?

Dari SDN Sumberrejo 02, Pasuruan.

Ini di kafe.

Terbenam.

Sebagai informasi tambahan, lokasi KKN saya ada di kaki Gunung Arjuno. Yang paling tidak saya sangka adalah fakta bahwa gunung tersebut adalah gunung yang biasa saya tatap di kampus dari kejauhan dan hanya akan terlihat saat sedang cerah-cerahnya. Saat KKN saya bisa menatap gunung ini setiap hari.

Namun ada pula momen ketika gunung tak terlihat.

Tertutup awan.

Yang bikin saya cukup heran adalah: ke mana saja saya selama ini? Pada saat KKN pun, ada beberapa tempat yang baru saya datangi tepat sehari sebelum kepulangan. Saya menyesal tidak sempat berenang di Sumber Kemado. Tapi yah, mau bagaimana lagi?

Secercah.

Salah satu kolam.

Secercah (2).

Untungnya saya ingat untuk mengambil foto di detik-detik terakhir sebelum saya masuk ke mobil untuk pulang. Tiap melihat foto berikut, pikiran saya otomatis memutar kembali apa saja yang ada di sekitar kontrakan kami.

Yang terakhir dari sana.

Saya tidak tahu apakah saya dapat kembali dengan yang lain atau tidak. Tapi saya harap, kami bisa.

Komentar

Postingan Populer