Dua Triple Axel di Pertandingan Single Ladies!

Sebelum membaca ini, ada baiknya membaca ini dulu. Btw, biar enak, tulisan ini saya bagi menjadi dua artikel berbeda. Terus, saya cuma menulis tentang skater yang memang saya tunggu-tunggu dari dulu, alias nggak saya tulis semua.

Short Program (SP)

SP single ladies World Figure Skating Championship 2021 kemarin ada “sedikit” insiden. Ada salah dua skater yang terpaksa mengundurkan diri. Pertama, skater asal China yang mengundurkan diri karena cedera saat latihan. Lalu yang kedua skater asal Prancis yang cedera di tengah pertandingan saat dia mendaratkan 3 toeloop-nya. Mari berdoa semoga keduanya sudah baik-baik saja saat ini.

Terlepas dari itu, pertandingannya berjalan dengan cukup lancar. Saya sebelumnya tidak menaruh perhatian pada skater Haein Lee serta Yelim Kim (KOR), tapi SP mereka bagus dan indah banget, woy. Saya jadi menantikan FS mereka berdua dan bagaimana hasil akhir mereka nantinya. Begitu pula dengan Karen Chen (USA)—sebelumnya saya nggak sebegitu menaruh perhatian sama skater satu ini. Tapi begitu melihat SP-nya secara keseluruhan dan terutama layback spin-nya, saya jadi terpukau. Nggak heran kalau Karen Chen berhasil menempati posisi ke-4 di SP dengan perolehan skor sekitar 74 poin.


Alexandra Trusova (FSR) setelah SP

Yang nggak saya sangka itu adalah penampilan dari Alexandra Trusova (FSR). Saya sudah dibikin deg-degan bahkan di lompatan pertamanya—yang harusnya 3 axel berusah menjadi 2 axel. Lompatan kedua berhasil dilakukan, tapi lompatan selanjutnya (yang mana ada combination jump) nggak berhasil. Alhasil, dedek satu ini mendapat skor sekitar 68 poin. (Juju raja, technical score-nya bikin saya mikir yang nggak-nggak).

Hal itu berbeda dengan Elizaveta Tuktamysheva serta Anna Shcherbakova (FSR). Keduanya berhasil menajalakan SP mereka dengan baik dan lancar. Tak usah ditanyalah, ya. Anna menempati posisi ke-1 SP dengan skor sekitar 81 poin, sementara Elizaveta dengan 3 Axel-nya berhasil menempati posisi ke-3 dengan skor sekitar 78 poin.


Rika Kihira (JPN) dalam penampilan SP-nya

Kemudian, muncul lah Rika Kihira (JPN), cewek kedua yang berhasil mendaratkan 3 Axel di SP single ladies ini. YEY! Mendapat kesempatan tampil terakhir bikin saya deg-degan juga pas nunggu 3 Axel-nya, soalnya di salah satu video latihan SP-nya, dia melompatkan 2 Axel alih-alih 3 Axel. Dengan SP-nya itu, Rika Kihira berhasil menempati posisi ke-2 di SP. Hmmm, agak kesel saya pas tahu peroleh skor akhirnya yang cuma sekitar 79 poin. Hmm, something is fishy here, tapi saya nggak akan bahas lebih lanjut lagi.

Komentar

Postingan Populer