The Empress and The Quad Queen has Comeback!

Sebelum membaca ini, ada baiknya membaca ini dan ini dulu. Btw, biar enak, tulisan ini saya bagi menjadi dua bagian (moga-moga aja nggak kepanjangan). Terus, saya cuma menulis tentang skater yang memang saya tunggu-tunggu dari dulu, alias nggak saya tulis semua.

Free Skating (FS)

Disclaimer: saya agak kelewatan pas nonton FS gara-gara ketiduran (lololol). Di daerah saya mulainya jam 12.00 AM, cuy! Untungnya sih, saya kebangun pas banget grup 3 lagi pemanasan. Dan memang grup itulah yang sudah saya tunggu karena skater pertama dari grup 3 adalah Alexandra Trusova (FSR)!

Sasha (sapaannya) merencanakan 5 quad jump! Meski dua di antaranya jatuh, selebihnya dia bisa mendaratkannya. FS-nya dibuka dengan 4 Flip yang bikin saya deg-degan sepanjang programnya. Pas tahu technical score-nya dapet sekitar 97 poin, saya sudah senang banget. Tapi sayang sekali poinnya nge-drop jadi sekitar 88 poin. Sasha yang saat SP ada di tempat ke-12 langsung naik ke posisi ke-1 untuk FS. Secara keseluruhan total skor (dari gabungan skor SP dan FS) yang diperolehnya adalah sekitar 217 poin dan (SPOILER) berhasil membuatnya memperoleh medali perunggu.


Alexandra Trusova (FSR) dalam penampilan FS-nya


Sementara itu Yelim Kim (KOR) yang pada saat SP berada di posisi ke-5 terpaksa harus merelakan posisi di FS setelah dia nggak berhasil mendaratkan 3 Lutz dan 3 Salchow-nya. Dengan total skor sekitar 191 poin, dia mendapat tempat ke-11—bahkan itu di bawah Haein Lee (KOR) yang berada di posisi ke-10 dengan total skor sekitar 193 poin.

Kemalangan juga menimpa Rika Kihira (JPN). FS-nya diawali dengan 2 Axel—yang kelihatannya harusnya 3 Axel. Di lompatan selanjutnya dia melakukan 3 Axel, tapi sayang sekali dia terjatuh. Bisa dibilang Rika melakukan banyak kesalahan di FS-nya. Jujur saja, padahal saya menantikan 4 Salchow-nya. Rika pun berakhir di posisi ke-7 dengan total skor sekitar 205 poin, satu peringkat di bawah Kaori Sakamoto (JPN) dengan total skor sekitar 207 poin

Karen Chen (USA) menunjukkan kualitasnya sebagai skater dunia. Saya cukup menyesal karena baru mulai mengikutinya di pertandingan ini. Program FS-nya sama indahnya dengan SP, cuy! Hampir tanpa celah! Teknik dan koreografinya mulus banget. Dan dengan kualitas yang baik itu mengantarnya di posisi ke-4 dengan total skor sekitar 208 poin.


Karen Chen (USA) dalam penampilan FS-nya


Dan akhirnya, posisi Sasha pun digeser oleh Elizaveta Tuktamysheva (FSR), The Empress! Mengikuti SP-nya kemarin, FS-nya kali ini berjalan sama baiknya dengan dua 3 Axel yang berhasil dia daratkan. Skating-nya di panggung world championship setelah sekian lama ini membawanya pada medali perak dengan total skor sekitar 220 poin. Bravo!

Medali emas sendiri, tentu saja, tak lain dan tak bukan dimiliki oleh Anna Shcherbakova (FSR). Meski dia melakukan kesalahan di lompatan pertamanya dan bikin deg-degan waktu dia mau melompatkan combination jump andalannya (3 Lutz – 3 Loop), Anna berhasil mendapat total skor sekitar 233 poin.

Begitulah, podium World Figure Skating Championship 2021 untuk kategori single ladies kali ini dipenuhi oleh skater Rusia. Banyak yang julid, tapi saya diam saja. Apa pun itu, semoga skater yang lain dapat melakukan yang terbaik ke depannya!

Komentar

Postingan Populer